KETERPAPARAN INFORMASI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PENANGANAN DEMAM PADA ANAK

Main Article Content

Etika Dewi Cahyaningrum

Abstract

ABSTRAK


Demam pada anak merupakan suatu keadaan yang sering menimbulkan kecemasan, dan stres bagi orangtua. Pengetahuan orang tua tentang demam wajib dikuasai dengan baik oleh para orang tua terutama ibu. Penanganan demam yang kurang tepat dapat dikarenakan pengetahuan kurang memadai sehingga sikap dan perilaku ibu cenderung berlebihan. Faktor eksternal yang mempengaruhi pengetahuan seseorang meliputi pengalaman/ lingkungan, sosial ekonomi, dan informasi. Informasi bagi ibu sangat diperlukan dalam meningkatkan pengetahuan tentang demam. Kenyataannya, ibu seringkali memperoleh informasi yang tidak tepat. Kenyataannya hasil wawancara terhadap 10 ibu di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas didapatkan 100% ibu tidak memiliki thermometer, 100% ibu tidak mengetahui rentang normal suhu tubuh, 100% ibu mendeteksi demam menggunakan tangan, dan 40% ibu langsung membawa anaknya ke Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterpaparan informasi dengan tingkat pengetahuan ibu dalam penanganan demam pada anak di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Bayumas. Metode dalam penelitian adalah penelitian analitic corelational dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dengan sampel sejumlah 60 ibu di Puskesmas I Kembaran. Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara keterpaparan informasi dengan tingkat pengetahuan ibu dalam penanganan demam pada anak.


 


Kata kunci: informasi, tingkat pengetahuan, demam, anak

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Cahyaningrum, E. (2018). KETERPAPARAN INFORMASI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PENANGANAN DEMAM PADA ANAK. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 11(2), 37-44. Retrieved from http://jka.stikesalirsyadclp.ac.id/index.php/jka/article/view/111
Section
Vol. XI, No. 2, September 2018

References

Asih, L. dan Anggraeni, M. 2012. Pengaruh Sumber Informasi terhadap
Pengetahuan Remaja tentang Trian KRR dan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) (Analisis Lanjut Data Survei RJPM
Remaja Tahun 2011). Jakarta: Puslibang KB
dan Keluarga Sejahtera Badan Koordinasi Keluarga Berencana
Nasional.
Cahyaningrum, ED. 2016. Penatalaksanaan Anak Demam Oleh Ora Tua di Puskesmas Kembaran I Banyumas. Jurnal Kesehatan, Keperawatan, dam Kebidanan Viva Medika, Volume 09/ Nomor 17/ September/ 2016.
Crocetti M, Moghbelli N, Serwint J. 2009. Fever Phobia Revisited: Have Parental Misconseptionc about Fever Changed in 20 Years. Pediatric
Kayman, H. 2009. Management of Fever: making evidence based decision. Clin Pediatr
Lubis, M.B., Tjipta, G.D., dan Ali, M. 2009. Demam pada Bayi Baru Lahir. Editor Ragam Pediatrik Praktis. Medan: USU Press.
Maryunani, Anik. 2010. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: TIM.
Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan Volume 12 Nomor 4, Oktober 2009. Tersedia dari http://www.ejournal.litbang.depkes.go.id. Diakses tanggal 3 Juli 2018.
Plipat N, Hakim S, Ahrens WR. 2009. The Febrile Child. In: Pediatric emergency medicine. 2nd ed. New York: McGraw-Hill.
Santrock, John W. 2009. Adolescence perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Setiawati, Tia. 2009. Pengaruh Tepid Sponge. Jakarta: Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia.
Soedibyo S. dan Souvriyanti E. 2009. Gambaran Persepsi Orang Tua tentang Penggunaan Antipiretik sebagai Obat Demam. Jakarta. Sari Pediatri Volume 8. Nomor 2.
Soejatmiko. 2009. Penanganan Demam Pada Anak Secara Profesional. Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: FKUI-RSCM.
Wahyu. 2010. Menjadi Dokter Bagi Anak Anda Mengenali dan Mencegah Sedini Mungkin Serangan dan Gangguan Pada Anak. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.
Wawan A dan Dewi M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wong, Donna L. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 6. Jakarta: EGC.